Hello Guest! Welcome to My Blog.
Something you might want to know about us.
Don't be hesitated to contact us if you have something to say.

Corporate Information Management (CIM)

| | Wednesday, January 12, 2011
|


CIM (Corporate Information Management) yaitu Manajemen Informasi Perusahaan. Menurut sumber yang saya baca, CIM itu mencakup antara lain :
  • Pembentukan strategi,
  • Perencanaan pasokan untuk informasi masa yang akan datang,
  • Meningkatkan nilai utilitas sumber daya informasi yang tersedia,
  • Menghilangkan informasi yang berlebihan,
  • Memastikan kepatuhan terhadap undang-undang, dan
  • Meningkatkan laba atas investasi di teknologi informasi.
Saya akan mencoba menjelaskan maksud dari proses diatas.

Pembentukan strategi
Pembentukan strategi disini yaitu perusahaan harus bisa mengumpulkan informasi yang sebenarnya dan tidak lupa bahwa setiap perusahaan akan membutuhkan informasi yang baru. Strategi ini yang digunakan manajemen perusahaan, karena dia yang bertanggung jawab mengidentifikasi sumber-sumber informasi yang masuk dari luar maupun dari dalam perusahaan. Informasi tersebut bisa saja akan memajukan ataupun membuat dampak buruk bagi perusahaan, maka dibutuhkan strategi.
Perencanaan pasokan untuk informasi masa yang akan datang
Ini mungkin banyak yang tahu, bahwa suatu perusahaan pasti akan mempunyai perencanaan jaka panjang dan juga mempunyai banyak pasokan informasi untuk menjadikan perusahaan tersebut menjadi maju dan tidak ketinggalan jaman. Sebuah perusahaan bisa saja membuka bisnis yang baru untuk masa yang akan datang sebelum itu dibutuhkan strategi yang sudah dijelaskan sebelumnya dan juga merencanakan informasi yang terus ter update.
Meningkatkan nilai utilitas sumber daya informasi yang tersedia
Maksudnya yaitu sebuah bisnis pasti didukung dengan adanya informasi agar bisnis tersebut dikenal masyarakat dan nilai utilitas disini yaitu berdasarkan kepada informasi yang bersangkutan. Pada dasarnya manajemen informasi perusahaan menjamin keterhubungan antara bisnis dan teknologi informasi untuk memastikan bahwa informasi yang tersedia untuk kelancaran proses bisnis.
Menghilangkan informasi yang berlebihan
Pada saat ini banyak pembisnis yang membuat informasi tentang produk mereka jauh dari kenyataan atau lebih dikenal dengan istilah terlalu berlebihan. Maka dari itu hindari inforasi yang berlebihan karena akan membuat bisnis tersebut sulit dengan memakan banyak informasi yang tidak berguna.
Memastikan kepatuhan terhadap undang-undang
Tidak ada salahnya para pembisnis mematuhi undang-undang agar isaha mereka lancar. Legislasi menuntut bahwa suatu perusahaan harus melindungi informasi klien dari penyalahgunaan. Undang-undang lainnya untuk mengamankan hak pemegang saham mendapatkan informasi yang berkualitas. Manajemen Informasi Perusahaan harus terus menerus memastikan bahwa semua langkah berada di jalur nya dengan mematuhi undang-undang yang ada.
Meningkatkan laba atas investasi di teknologi informasi
Meningkatkan laba sangat penting untuk majunya suatu informasi di perusahaan, tetapi jangan terlalu berlebihan. Pengembalian investasi menunjukkan peningkatan jumlah pendapatan yang dihasilkan, penurunan biaya teknologi informasi dan pengurangan risiko bisnis. Manajemen informasi perusahaan memastikan bahwa setiap potensi sumber daya teknologi informasi adalah sepenuhnya dieksploitasi oleh bisnis. Sebuah value driver utama bagi manajemen informasi perusahaan adalah untuk mengurangi risiko yang ditimbulkan oleh informasi di perusahaan dengan memastikan bahwa informasi yang cukup terlindung dari penyalahgunaan.
Dari yang saja jelaskan dapat disimpulkan bahwa CIM dalam perusahaan sangat penting untuk manajemen informasi yang akan dibutuhkan oleh perusahaan tersebut.

Sumber : Yulia

0 comments:

Post a Comment