Saya akan membahas tentang e-commerce, e-commerce bisa dikatakan perdagangan dengan menggunakan media elektronik dan jika seseorang sedang melakukan transaksi tidak bertatap muka melainkan dengan media seperti komputer, laptop, televisi, handphone dan media elektronik lainnya. Jika kita ingin melakukan e-commerce maka kita otomatis melakukan bisnis atau disebut juga e-business. Kita bertransaksi melalui media elektonik otomatis kita juga sedang melakukan jual beli dan bertransaksi melalui pembayaran. E-business disini mencakup pelayanan nasabah, teknologi jaringan maupun teknologi basisdata. Untuk bertransaksi e-commerce kita akan menginput nama yang akan masuk ke dalam database dan akan menginputkan nomor rekening (termasuk ke pelayanan nasabah) bank yang bersangkutan.
Banyak referensi yang saya baca, e-commerce ini tidak bisa bertahan jika website atau situs tersebut hanya mengandalkan barang yang mereka jual saja, namun harus beserta struktur organisasi yang bisa mengendalikan manajemen situs tersebut dan juga pelayanan. Tidak hanya itu mereka juga perlu mempunyai website yang menarik dan tidak membuat pembeli bosan dan sampai tidak mau berkunjung ke website mereka lagi. Selain itu e-commerce juga memerlukan keamanan yang bagus, agar tidak bisa dengan mudah para konsumen merasa ditipu oleh orang yang tidak bertangung jawab atau sebaliknya. Dari situs yang saya baca ada beberapa faktor diantaranya yang bisa mempertahankan sebuah website adalah :
- Menyediakan harga yang bersaing, artinya website tersebut tidak mematok harga dengan mahal sekali. Jika begitu konsumen akan melirik website tetangga yang harganya jauh lenih murah.
- Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah. Artinya para pekerja di website terebut harus cepat tanggap jika ada pembeli yang memesan suatu barang. Jangan di dahulukan yang membeli banyak atau mendahulukan orang yang sering membeli di website tersebut. Para pekerja juga harus ramah jika sedang menelpon konsumen atau ada yang bertanya di call center website tersebut.
- Menyediakan informasi barang dengan lengkap dan jelas. Disini dimaksudkan bahwa jika website tersebut menjual sebuah televisi maka yang harus ditampilkan adalah harga, ukuran, stock, spesifikasi, dan kelebihan barang tersebut. Jangan hanya menampilkan gambar saja tetapi harga dan lainnya tidak tertera di website tersebut.
- Menyediakan banyak bonus, kupon, atau penawaran istimewa. Seperti halnya supermarket, para konsumen pasti senang membeli belanjaan jika sering ada penawaran khusus maupun diskon. Mereka akan mikir dua kali jika ingin membeli di tempat lain dan akan mempertimbangkan harga.
- Menerimapemberian masukan. Ini sama saja dengan kita memberi angket kepada para konsumen, apa yang mereka perlukan dan apa yang mereka inginkan. Hal semacam ini sama saja untuk introspeksi kepada website apa yang kurang dari website tersebut.
- Mempermudah kegiatan perdagangan. Maksudnya disini adalah situs tersebut tidak mempersulit dalam arti lain pembeli harus memiliki rekening A, padahal rekening yang lainnya banyak tetapi website tersebut mengkhususkan untuk rekening A saja. Alangkah baiknya jika website mempunyai semua rekening dan tida akan mempersulit konsumen.
Aplikasi yang berhubungan dengan e-commerce tentu saja adalah internet, online banking (bank yang bersifat online), database untuk pemilik website dan untuk menginput pembeli yang melakukan transaksi, email (untuk konfirmasi pemesanan), dan sebagainya.
Disini saya akan menjelaskan tentang kisah sukses yang mendirikan e-commerce dan e-business yaity pendiri Amazon.com. Perusahaan Amazon ini salah satu kesuksesan dalam keuntungan pembelian online. Pada situs yang saya baca, Amazon didirikan oleh Jeff Bezos pada tahun 1995 sebagai toko buku on-line. Mungkin jika di Indonesia seperti gramediaonline.com , kutukutubuku.com atau bukukita.com . Amazon memang awalnya seperti itu, hanya menjual buku saja tetapi mungkin karena masukan dari para konsumen maka Amazon mulai menjual kaset video atau kaset musik, semakin kesini Amazon mulai menjual perangkat lunak, semakin kesini lagi Amazon berkembang pesat seperti toko segala macam ada yang mempunyai berjuta-juta konsumen di seluruh dunia. Pada tahun pertama dibukanya Amazon, tidak banyak yang mengetahui situs tersebut bahkan banyak yang tidak tertarik. Tetapi Amazon tidak sampai disitu saja, mereka memutar otak untuk memperoleh strategi dan akhirnya strategi mereka yaitu dengan permulaan memberikan harga diskon, semenjak itu Amazon menjadi lebih dikenal dan semakin dikenal dengan adanya e-mail mengenai ulasan buku secara Cuma-Cuma yang di berikan oleh Amazon kepada konsumen yang telah mengirimkan nama email mereka. Amazon ini memberikan peluang kepada pengusaha yang tidak mempunyai modal cukup, mereka hanya memasarkannya di situs Amazon dan akan dilihat oleh jutaan orang.
Referensi : baliorange.web.id, aprillins.com , freddyiriawan
0 comments:
Post a Comment